Terkait Kasus Pajak, Sanchez Dijatuhi Hukuman Penjara 16 Bulan

Alexis Sanchez diberi hukuman penjara sampai dengan 16 bulan oleh pengadilan Spanyol. Sanchez terima hukuman ini dan masih belum akan melangsungkan hukuman kurungan.

Sanchez, yang belum lama ini tinggalkan Arsenal untuk bergabung dengan Manchester United, sudah akui kesalahannya pada Jaksa Agung Spanyol berhubungan dengan kasus penggelapan dana pajak. Ia setuju untuk bayarkan pajak yang tidak disetorkan dirinya dulu ditambah dengan uang denda.

Lewat laporan BBC, Sanchez gelapkan dana pajak sampai dengan 1 juta euro atau sama dengan 16 miliar rupiah. Pajak yang masih belum dibayar ini berasal dari transaksi hak citra pada tahun 2012 dan 2013, ketika tampil bersama Barcelona.

Walau divonis hukuman penjara hingga 16 bulan, Sanchez tak akan langsung melangsungkan hukuman penjara. Karena, aturan di Spanyol tidak wajibkan seseorang melangsungkan hukuman penjara kalau vonisnya kurang dari 24 bulan dan belum sempat lakukan pelanggaran yang sama. Hukuman penjara baru bakal berlaku kalau Sanchez ulangi kesalahan yang sama dalam jangka waktu 2 tahun ke depan.

Tidak hanya perlu setorkan pajak yang belum dibayar, Sanchez pun dibebani denda sampai dengan 600 ribu euro atau sekitar 9,9 miliar rupiah.

Baru-baru ini, 2 pemain Real Madrid yaitu Marcelo dan Luka Modric pun tersandung masalah pajak. Keduannya pun pilih terima vonis dan membayar denda yang telah dijatuhkan pada dirinya.

Sedangkan deretan pemain lain yaitu Cristiano Ronaldo, Ricardo Carvalho, Angel di Maria, Javier Mascherano, Radamel Falcao, Fabio Coentrao, dan Jose Mourinho masih dalam penyelidikan.

Ronaldo merupakan salah satu yang pilih menempuh jalur hukum untuk berhadapan dengan dakwaan jaksa, atas kasus penggelapan dana pajak sampai dengan 14,7 juta euro.

Reply